Kamis, 20 Desember 2012

Silsilah Kota Majalengka


Majalengka adalah kota Angin, yang berada diwilayah III Cirebon di provinsi Jawa Barat.
Menurut Warga sekitar asal mula kota Majalengka yang dulu disebut Sindangkasih berasal dari bahasa Jawa " Maja Langka ".
Kata Sindangksih saat ini dihgunakan sebagai nama sebuah desa dari Kota Majalengka.

Alkisah :
Pada jaman dulu ada seorang wanita yang bernama "Ny. Rambutkasih" yaitu seorang ratu yang sangat Cantik dan Sakti, Nyi Rambutkasih mampu membuat daerah Sindangkasih  aman, tentram, dan sentosa ratu itu mempunyai obat yang mujarab untuk menyembuhkan orang-orang sekitar "Pohon Maja" yang berada di dataran tinggi dari kota majalengka tersebut sekarang nam tempat itu adalah Maja.

Pada suatu hari kerajaan Cirebon terkena musibah "Demam", dan Raja dari kerajaan Cirebon mengutus salah satu prajuritnya mencari obat Daun Maja, Prajurit yang gagah itu trus mencari daun Maja ke Semua wilayah Cirebon, dan menurut salah satu warga Daun Maja itu berada di daerah pegunungan dan yang mempunyai Pohon itu adalah Ny. Rambutkasih.


Dan perajurit itu langsung mencari ke daerah pegunungan yang di beritahu oleh warga, di tangah perjalan prajurit itu mennyakan orang yang bernama Ny. Rambutkasih itu ke salah satu warga pegunungan.
Perajurit itu mulai mencari ke daerah pegunungan dan akhirnya prajurit itu menemkan salah satu temapt dimana Ny. Rambutkasih itu tinggal. 
Perjaurit itu langsung menemui Ny. Rambutkasih untuk meminta Obat itu "Daun Maja", Nmaun Ny. Rambutkasih tak semudah itu memberikan Obat itu, Ny. Rambutkasih akan memberikan Daun Maja itu asalkan Prajurit yang gagah itu mau menikahi Ny. Rambutkasih, namaun Prajurit itu menolak nya.
Ny. Rambutkasih Langsung mengusir perajurit itu.
Perajurit itupun trus memaksa meminta Daun Maja itu kepada Ny. Rambutkasih krana di Kerajaannya lagi mendapatkan musibah yang sangat buruk. Ny. Rambutkasih pun tetep engga memberinya Daun Maja itu dan trus mengusir perajurit itu dengan paksa.


dari pada meberikannya lebih baik Ny. Rambutkasih dan Pohon Maja itu dihanguskan secara Gaib di depan perajurit itu sendiri.
Perajurit itu pun langsung kembali ke kerajaan nya dan melaporkan bahwa Daun Maja itu tidak ada. atau dalam bahasa jawa Cirebonnya "Majane Langka". 

Pada saat itu pun warga sekitar menyebutnya "Majalengka", karna dari bahasa Cirebon "Majane Langka".

Dan sampe sekarang tempat itu disebut "Majalengka".


*Apabila ada kesalah nama, tempat dan lain-lainnya mohon dimaklumi.
  ini hanya cerita dari salah satu warga Majalengka.

2 komentar:

  1. Wah mantap mas..

    jangan lupa mampir ke blog kami yee..
    http://viking-thorax.blogspot.com/

    BalasHapus

//SEO