Jumat, 08 Maret 2013

Pengolahan Data Elektronik dalam Komputer

Sebelumnya telah kami posting tentang Komputer, pengertian dari Komputer salah satunya adalah untuk mengolah data.
Disini kami akan membahas tentang Pengolahan data di dalam Komputer.

Data adalah kumpulan kejadian diangkat dari suatu kenyataan. data dapat berupa angka-angka, huruf-hurf atau simbol-simbol khusus atau hubungan darinya.
Pengolahan Data (data processing) adalah manipulasi dari data ke dalam bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti, berupa suatu informasi.
Informasi adalah hasil dari kegiatan pengolahan data yang memberikan bentuk yang lebih berarti dari suatu kejadian.
Pengolaha Data Elektronik adalah manipulasi dari data kedalam bentuk yang lebih berguna dan lebih berati, berupa satu Informasi dengan menggunakan suatu alat Elektronik, yaitu Komputer.

Siklus Pengolahan Data.
Suatu proses pengolahan data terdiri dari 3 tahapan dasar, yang disebut dengan siklus pengolahan data (data processing cycle), yaitu input, processing, dan ouput.




Input ------------------> Processing ------------------> Output

Siklus pengolahan data tersebut dapat di kembangkan lebih lanjut dengan ditumbuhkan tiga atau lebih tahapan lagi, yaitu Organitation, Storage, dan Distribution.



Organitation tahap ini berhubungan dangan proses dari pengumpulan data yang biasanya mrupakan proses pencatatan (recording) data ke document dasar.
Input tahap ini merupakan proses memasukan data ke dalam proses memasukan data ke dalam proses komputer lewat alat input (input device)

Processing. Tahap ini merupakan proses pengolahan dari data yang sudah dimasukan yang dilakukan oleh alat dasar pmeroses (prosesccing divice), yang dapat berupa prosesm menghitung, membandingkan, mengklasifikasikan, mengurutkan dan mengendalikan atau mencari storage.

Output. Tahap ini merupakan proses menghasilkan output dari hasil pengolahan data ke alat Output, yaitu brupa Informasi 

Distribution. Tahap ini merupakan proses prekaman hasil pengolahan ke simpanan luar (Storage)l. hasil dsri prngolahn yang disimpan di Storage dapat dipergunakan sebagai bahan Input utuk proses yang slanjutnya.

Diatas adalah pengrtian dari sebuah data dalam Kompuetr, semoga bermanfaat... ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

//SEO